Tempat Wisata Jambi

1. Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy

tempat-wisata-di-jambi-jembatan-pedestrian

Jembatan Pedestrian, Foto: jambi.tribunnews.com

Ada dua objek di lokasi ini yaitu Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy, tetapi orang-orang banyak menyebutnya Jembatan Gentala Arasy. Jembatan ini adalah salah satu objek wisata yang wajib Anda kunjungi jika datang ke Jambi. Jembatan Pedestrian adalah Jembatan untuk pejalan kaki dengan bentuk berkelok-kelok dan terbentang diatas sungai batanghari disini Anda bisa dengan gratis menikmati pemandangan dari atas jembatan. Diujung jembatan terdapat  Menara Gentala Arasy yang merupakan museum tentang sejarah berkembangnya Islam di Kota Jambi. Selain museum, disini juga menjadi pusat kuliner dan nongkrong pada sore dan malam hari. Disini juga banyak disediakan perahu jika Anda ingin jalan-jalan menyusuri sungai Batanghari.

2. Candi Muaro Jambi

candi-muaro-jambi

Candi Muaro Jambi, Foto rysander85.blogspot.com

Candi Muaro Jambi merupakan komplek percandian Agama Hindu-Buddha yang terdapat di Kabupaten Muaro Jambi dan diperkirakan bersal dari abad ke-11 M. Meskipun tidak sepopuler candi lain di Pulau Jawa, komplek percandian ini adalah yang terluas di Indonesia. Candi Muaro Jambi ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada saat hari-hari libur dan saat pergelaran festival candi. Jadi jika Anda mencari referensi tempat wisata di jambi maka komplek percandian muaro jambi adalah salah satu yang wajib untuk dikunjungi.

3. Air Terjun Tegan Kiri

air-terjun-tegan-kiri-jambi

Air Terjun Tegan Kiri, Foto ronalsaputraa.blogspot.com

Air terjun tegan kiri adalah salah satu objek wisata alam yang terdapat di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Air terjun ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan masih asri dengan ketinggian 10 meter. Sumber air terjun tegan kiri dari perbukitan dengan ketinggian 26 meter. Untuk menuju ke lokasi kita harus menempuh jarak kurang lebih 30 km dari Ibukota Kabupaten Bungo dengan perjalanan darat.

4. Geopark Merangin

geopark-merangin

Geopark Merangin, Foto mongabay.co.id

Bagi Anda yang memiliki kegemaran arum jeram jangan lewatkan salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Merangin ini. Geopark merangin tidak hanya menawarkan arum jeram saja tetapi keunikan fosil flora berusia hampir 350 tahun juga menjadi daya tarik tersendiri. Kawasan ini masih diselimuti hutan lebat dengan beragam jenis tanamannya. Untuk mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 6 jam dengan menggunakan mobil dari Jambi, Ibukota provisi Jambi.

5. Perkebunan Teh Kayu Aro

perkebunan-teh-kayu-aro-kerinci

Perkebunan Teh Kayu Aro, Foto: Kerincizone.com

Salah satu tempat wisata di jambi terbaik dan terkenal sejak jaman dahulu adalah Kebun Teh Kayu Aro yang terdapat di Kabupaten Kerinci. Perkebunan dengan luas 3.020 hektar ini merupakan perkebunan teh dalam satu hamparan terluas di dunia dengan berlatarkan Gunung Kerinci. Jadi sangat sayang sekali jika Anda melewatkan objek wisata yang satu ini.

6. Danau Gunung Tujuh

danau-gunung-tujuh-kerinci

Danau Gunung Tujuh, Foto: Kerincizone.com

Kondisi alam sekitar Danau Gunung Tujuh sangat begitu indah dan alami serta memiliki air yang begitu jernih. Keindahan Danau dilengkapi oleh barisan hamparan tujuh gunung yang mengelilinginya. Pada beberapa titik di pinggir danau terbentang pasir yang menyerupai pantai. Danau Gunung tujuh ini terdapat di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

7. Danau Kaco

Danau-Kaco-kerinci

Danau Kaco, Foto: kerincizone.com

Satu lagi tempat wisata di Kerinci yang tidak kalah menarik adalah Danau Kaco. Danau ini memiliki luas sekitar 30 x 30 meter. Jernihnya air di Danau ini membuat dasarnya terlihat secara jelas, walaupun memiliki kedalaman air yang tidak terukur. Selain itu. Pada saat malam Danau Kaco mengeluarkan cahaya yang terang, terutama pada waktu bulan purnama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *