Surtiwa & Isteri Trip ke AS bulan Mei 2017

Maksud dan Tujuan Sharing

Hanya untuk update untuk yang ada rencana mau bepergian ke AS dengan suasana Presiden Amerika yang baru Donald Trump….yang katanya salah satu promotor anti Immigrant dan penganut Islamophobia..

Untuk yang tidak berkenan membacanya…gampang……serrrr delete saja…..

Latar Belakang

Anak saya   perempuan yang bungsu yang bekerja di BI, mendapat tugas belajar unutk mngambil Master of Applied Economis di University of Michigan. Dia sendiri sudah graduate S2 teknis di Curtin University of Technology  di Australia bidang Engineering Management, karena S1 nya adalah Teknik Industri di Universitas Trisakti.

Dalam ngobrol2 di WA dengan Ibunya dia sering minta dilongokin di AS, dia bersama keluarga, Suami dan 2 Anak tinggal di Perumahan Universitas dan mendapat Condo 3 Kamar Tidur… karena anaknya 2 orang. Katanya cukuplah kalau Mamie dan Papie datang dan ketemu cucu2 bisa tinggal bersama mereka di Ann Arbor. Juga katanya usia kami sudah cukup lanjut tapi masih okaylah untuk melihat AS terakhir kali, ngirit ongkos Hotel.

Dipikir-pikir benar juga kalau pergi sendiri ongkos hotel $ 100/day, sewa mobil $ 45/day (Asuransi yang mahal, nggak beli Asuransi not valid to drive…reject to hire). Thus untuk kurang lebh 55 hari disana harus spend $ 5,500 untuk Hotel dan $ 1,500 /35 hari sewa mobil…lumayan saving $ 7,000 atau kl  Rp 95 jt an.

Terakhir kali ke AS tahun 1993, sebelumnya 1987, 1984, 1982 dan 1977, semua dibayarin Huffco dan Vico Indonesia

Perencanaan

Dimulai di bulan November 2016, mencari informasi prosedur pengurusan VISA Amerika di Website Kedubes AS. Ternyata pendaftaran harus online, membuat pasfoto khusus square ukuran 5 cm x 5 cm soft copy, berwarna. Mengisi Formulr on line DS-160 untuk Non Immigrant Visa.

Persyaratan umum yang dipersiapkan, Paspor yang masih berlaku yang bisa mengcover perioda tinggal di AS dan masa berlaku Paspor harus lebih dari 6 bulan dari tanggal VISA disetujui. Persiapan referensi Bank, KTP, Ijazah terakhir, Surat Keterangan kerja/usaha, Kartu Keluarga, Surat Sponsor kalau mau tinggal di Keluarga/Kerabat , Booking hotel dan Dokumen2 lain yang dianggap perlu untuk keperluan wawancara. Wawancara ini akan menentukan permohonan Visa dapat diterima atau ditolak.

Pengajuan VISA Amerika

Formulir DS-160 diisi online, Pasfoto diunggah ke formulir itu dan dimasukkan. Kita akan mendapat Surat untuk membayar VISA fee ke bank CIMB Niaga sebesar US $ 160. Segera bayar ke Bank dan kembali ke Website untuk mengajukan jadwal Wawancara berdasarkan Payment Sheet Bank CIMB tadi. Di Website. Kita bisa memilih jadwal wawancara jam 07.00-09.00 atau 09.00 -11.00 pagi. Saya dan isteri memilih yang pagi 07.00 -09.00

Pada hari yang ditentukan jam 06.30 sudah ngantri di depan Kedubes AS Jl.Medan Merdeka Selatan, mobil di parkir di Stasiun Gambir,tempat parker terdekat, jalan kaki 8 menit.

Security memeriksa Kelengkapan Dokumen terutama Confirmation Application sheet yang ada Barcodenya. Harus dicetak jelas karena akan discan didalam. Saya gunakan kertas Foto dan dicetak color…

Wawancara.

Sesudah berkas diperiksa kelengkapannya kita dipersilahan masuk melalui Security Gate semua barang elektronik HP, Arloji elektronik, Tas besar  harus ditipkan , yang dibawa hanya dokumen2 saja.

Kemudian masuk ke Loket Pemeriksaan Dokumen Akhir dan Pengecekan validitas dan kelengapan dokumen2. Terus dipersilahkan ke Ruang tunggu Wawancara. Wawancara dilakukan di depan Loket2 seperti kita akan membeli tiket.

Yang paling utama dalam wawancara ialah ;

1.      Menjawab dengan jujur dan rasional.

2.      Jangan memberikan keterangan kalau tidak ditanya

3.      Jangan memberikan keterangan yang tidak perlu

4.      Menjawab apa yang ditanyakan dan jangan berkelit atau balik bertanya

5.      Jangan sekali kali menanyakan alasan pertanyaan.

Kalau 1 s/d 5 dilakukan maka wawancara akan berlangsung sekitar 3 menit. Untuk yang tidak seperti itu wawancara berlangsung lama, menegangkan dan akhirnya Visa biasanya dapat bermuara tidak disetujui. Dalam hal ini mungkin ditanya dokumen2 yang sudah dipersiapkan diatas trutama Referensi Bank dan atau keterangan kerja.

Ada contoh seorang Bapak begitu di wawancara ditanya mau kemana, beliau sesudah menjawab, mengatakan hal yang tidak perlu, beliau mengatakan dulu sering bulak balik ke AS karena beliau bekerja di Pertamina. Pewawancara bertanya balik….apa masih bekerja sekarang ? Bapak itu bilang sudah Pensiun…Pewawancara meminta Bapak itu menunjukkan Surat Pensiunnya……taubat knock out…ya nggak ada atau nggak bawa. Hasilnya permohonan Visa ditolak diberikan Slip warna merah. Kalau disetujui diberikan Slip warna Putih dan dikasih tahu within 1 week Paspor dengan Visanya bisa diambil di Agent RPX, Jl.Casablanca, Jakarta Selatan.

Pembelian Ticket

Pemilihan rute perjalanan udara sangat penting dikaitkan dengan Budget dan Umur Kita (Ketahanan Fisik). Tiket yang murah biasanya melingkupi stop over paling tidak 2 stops. Biasanya 1 stop di Negara sebelum As dan 1 stop begitu masuk as sebelum kota tujuan. Lama totalerjalanan termasuk Stop over antara 36 – 60 jam tergantung rute dan maskapai penerbangannya.

Harus diusahakan Bandara yang terakhir yang kita tuju adalah Bandara International dimana Keimigrasian akan diperiksa di Bandara itu, kalau tidak akan repot.

Misalkan kita akan ke kota kecil di suatu Negara Bagian dimana Bandaranya bukan International, tidak ada Imigrasi. Misal kita mendarat di Los Angeles ..Kopor2 turun disana diperiksa CBP (Customs and Border Protection). Seterusnya kita akan naik Pesawat Domestik…dimana baggage yang gratis hanya 1 Koper dan 1 Cabin. Bayar Baggage tambahan mahal banget. Padahal dari Jakarta kita bisa bawa 2 koper gratis (max 23 kg) dan 1 cabin luggage. Tolong diperhatikan…

Saya akhirnya memilih yang total perjalanan kl 25 jam, Jakarta –Seoul diteruskan Seoul-Detroit, dimana ada Imigrasi. Jakarta Seoul memakai Korean Air Line dan Seoul- Detroit dengan Delta Airline . Ongkos per orang US 1950/person round trip, Economy Class.

Perjalanan Udara

Take off dari Jakarta sekitar jam 22.00 dengan Airbus A -340 dan tiba di Bandara Incheon Seoul Terminal Utama pagi hari kl jam 06.30…Stopover sambil ngurus Boarding Pass untuk perjalanan selanjutnya ke Delta Airline di Terminal Airline International sesudah naik shuttle train.

Di Pesawat Boeing 747 model lama komposisi penumpang 1 % Bule sisanya Asia…terdiri dari Korea..Cina…. Jepang….Indonesia hanya ada 3 keluarga..

Imigrasi Amerika di Detroit

Pemeriksaan Imigrasi di AS lancar jaya hanya perlu 1 menit, CBP juga hanya menghitung jumlah uang yang dibawa….eluruh mata uang US $ dan termasuk  mata uang Rupiah yang saya bawa untuk ongkos pulang.

Makanan yang saya bawa  hanya Saos …condiment…fried shallot…krupuk mentah…yang dilarang adalah tanaman hidup…biji2an yang bisa ditanam dan semua produk daging/poultry….thus aman, tidak ada penahanan…

Ann Arbor, Michigan

Saya dijemput anak bungsu saya dan naik mobil dengan 4 Koper Besar dan 2 cabin ke Ann Arbor kl 45 menit. Di perjalanan mampir lunch di Resto Big Boy (kenangan sebelah kantor Kuningan Plaza). Cukup mahal $ 70 untuk 6 orang  (2 anak).

–          Keadaan kota

Kota Universitas…dominan adalah fasilitas University of Michigan. Bersih, teratur dan tertib.

University of Michigan mendominasi kota Ann Arbor , dimana2 bertebaran Gedung Fakultasnya..bersatu dengan pemukiman penduduk di Downtown. Perluasan dilakukan kearah outside Downtown kearah utara, mereka sebut Northern Campus. Disekitar Northen Cmpus inilah, ditanah hutan Northwood yang hijau dibangun komplek Perumahan mahasiswa., lengkap 1 bedroom, 2 bedroom dan 3 bedroom.

Telah dibangun 5 komplek, masing komplek terdiri dari 200 Units…..

–          Kehidupan Sosial Ekonomi

Dari bentuk rumah2 , pertokoan dan perkantoran Ann Arbor merupakan kota klas middle and Middle upper, Mobil2 bagus

–          Islamic Center

Beralamat di Plymouth Road 2331, bagus dan cukup besar. Disana ada Michigan Islamic Academy dan Islamic Pre School

–          Transportasi

Yang ada hanya Bus Umum dan Bus Universitas. Umum boleh naik Bus Universitas di rute2 yang dilaluinya. Bus Umum untuk yang jaraknya agak jauh….murah juga $2 an

–          Kuliner

Hampir segala jenis makanan dan Resto ada kecuali Resto Indonesia. Tahu dan tempe juga ada

Perjalanan Week Ends

1.      Niagara Falls, New York

Lamanya 4.5 jam naik mobil dari Ann Arbor. Pemandangan bagus, Cuma karena di musim Spring masih cukup dinin. Naik Boat Sewaa dibawah air terjun.

2.      New York City, New York

Karena harga Hotel mahal dan kita 6 orang (termasuk 2 anak) diputuskan menyewa kamar Apartement saja. Mencari Online di AirBNB , akhirnya dapat Apartemen Basement 2 kamar US $532 untuk 3 hari . Letaknya di daerah aman, Queens, New York Selatan. Komunitas Latin dan Lebanon.

 Waktu dihabiskan untuk jalan2 di sekitar Liberty Island dengan patung Libertynya…Broadway Manhattan dan Times Square. Melihat2 Donald Trump Building, Ex WTC Building, New WTC Building, New York Sky Scrapper, New York Stock Exchange Building Wall Street dan dalam perjalanan Pulang mampir di Hudson Valleys, Komplek Outlet barang2 Fashion merek Amerika dan International yang dibuat di Cina, kecuali Nike yang dibuat di Indonesia. Yang lucu banyak pengunjung Turis RRC ! Karena produk2 itu tidak dijual di RRC !

 Tidak ada demo2 Anti Islam…












Pulang ke Ann Arbor drive 10 jam melalui Scranton (Pennsylvania), Bloomboard (Pennsylvania), Cleveland (Ohio) dan Toledo (Ohio)

3.      Holland, Michigan

Kota kecil ini kira2 3 jam perjalanan kearah Barat dari Ann Arbor. Penduduknya  banyak keturnan Belanda…mereka bermukim sejak tahun 1930an. Banyak bangunan khas Belanda…banyak taman dihiasi Bunga2 Tulip aneka warna..kuliner balanda…kesenian balanda .dan Kelom Kayu Belanda !

4.      Detroit, Michigan

Naik Mobill kl 50 menit dari An Arbor kearah Timur Laut  ke River Bank park…..bagus pemandanganya dan bersih banget. Mencicipi Pizza terbesar segede tampah namanya Pizza

5.      Chicago, Illinois

Angin di kota ini luar biasa kencang.di Musim Spring ini…cocok julukannya Windy City. Perjalanan kl 4 jam. Parkir di Downtown dan jalan2 sekitar downtown. Kotanya sangat bersih , lebih bersih dari New York yang juga bersih. Naik ke gedung tertinggi bayar $ 17/orang.

Menginap di Motel Roadway Inn $90/night di South Chicago biar aman.

Dalam perjalanan pulang sengaja ke Rosemont tempat berbagai Outlet, tetapi tidak sebagus Outlet2 di Hudsons valley. Lagi jalan2 di Outlet, tiba2 mendengar ada orang ngobrol pake Bahasa Indonesia..dan ternyata Indonesian Chinese yang sudah bermukim di Chicago dan menjadi WNA.

Selama kl sekitar 55 hari di Ann Arbor juga sering keluar jalan2 ke Outlet  kecil sekitar sana ada 3 Oulet ..yang terbesar namanya Auborn Springs dekat dengan Detroit, yang terdekat di kota Flint dan 1 lagi kearah are Tradewind. Barang2nya sama saja di dominasi Made in China, Bangladesh dan Philipine…

Perjalanan Pulang ke Indonesia

Lancar jaya, berangkat dari Detroit jam 12.23  ke Narita Tokyo, tiba jam 15.00 sore menggunakan Delta Airline Boeing 747 lagi. Stop Over di Narita…..biasa AC di Bandara Jepang selalu di stel panas 26 C…parah.

Take off dari Narita jam 19.00 dengan ANA…All Nippon Airways…maskapai baru…pesawat A 340 baru….pelayanan prima…leg room lebih besar dikit meskipum klas Ekonomi..

Tiba di Jakarta Jam 24.10…..nunggu bagasi klar jam 01.15. Taksi kecil nggak muat 4 Koper besar dan 2 cabin…akhirnya pesan Silver Birds Alphard….Rp 500,000 ke Lebak bulus….teler Jet Lag……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *