Candi Banyunibo

Candi Banyunibo  adalah bangunan candi yang termasuk ke dalam kategori sebagai Candi Peninggalan Budha yang jaraknya tidak jauh dari Candi Ratu Boko. Candi ini terletak di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi Banyunibo dibangun atau dibuat pada sekitar abad ke-9 pada zaman kekuasaan Kerajaan Mataram Kuno.  Arti dari nama candi ini yaitu banyunibo yang berarti air jatuh-menetes yang merukan terjemahan bahasa jawa.

Candi Banyunibo terletak di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota ini terletak sekitar 2 Km ke barat daya dari Istana Ratu Boko. Berbeda dengan candi lainnya yang terletak tak jauh dari jalan raya, Candi Banyunibo justru terletak di Candi Banyunibo terletak di tengah lahan sawah, terpisah dari candi lainnya. Sejarah penggalian dan rekonstruksi candi Banyunibo dimulai pada tahun 1940 dan selesai pada tahun 1978. Dari penggalian tersebut, para arkeolog menemukan bahwa Candi Banyunibo terdiri dari satu candi utama dan enam candi tambahan. Candi ini diukir dengan berbagai ornamen dan memiliki desain yang indah.

Di depan Candi Banyunibo terdapat tangga angga dan pintu masuk yang dihiasi dengan Kala Makara dan diukir. Kala kepala di atas entri dan Makara diukir di tangga. Pintu masuk candi ini berada di sisi barat candi. Kedua sisi oleh dua relung dihiasi dengan gambar Tara. Sementara itu, celah di sekitar dinding luar dihiasi dengan gambar Boddhisatva.

Candi utama berukuran sekitar 15 × 14 meter yang dengan 14,25 meter . Tubuh candi lebih kecil dari daerah teras di luar kuil. Citra Hariti ( Dewi kesuburan ) dikelilingi oleh anak-anak dan Vaisravana ditemukan di dinding bagian dalam candi. Candi Banyunibo ini memiliki keunikan di dekorasi atap candi. Atap Candi Banyunibo bentuknya melengkung atau mirip dengan kelopak teratai yang diberi mahkota dengan stupa. Di luar candi terdapat kuil enam candi yang menyertainya dalam bentuk stupa. Candi-candi ditempatkan di sisi timur dan selatan candi.

Koordinat Lokasi Candi Banyunimbo

7,778031°LS 110,49418°BT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *